OS Uninstaler: Cara Mudah Menghapus Sistem Operasi Lain di Komputer

Sistem operasi Linux merupakan sistem operasi yang fleksibel dan mudah digunakan, Linux dapat diinstal di komputer yang sudah ada sistem operasi lain misalnya Windows, Mac, atau bahkan sudah ada Linux di dalamnya. Kondisi semacam ini sering diistilahkan dengan dual boot, triple boot, quad boot, dan seterusnya.
Nah, masalah yang sering timbul adalah ketika kita menghapus salah satu sistem operasi (terutama Linux), hal yang sering dialami adalah hilangnya GRUB dari peredaran sehingga komputer kita tidak dapat “masuk” ke sistem operasi yang terinstal. Meskipun sudah ada solusi untuk mengatasi hilangnya GRUB dari peredaran, namun alangkah lebih baik jika kita menghindari masalah yang seharusnya tidak perlu kita alami. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi info mengenai cara mudah dan aman menghapus sistem operasi yang terinstal di komputer dengan bantuan OS-Uninstaller.

 

Para pengguna Ubuntu baik itu Lucid, Maverick, dan Natty dapat menginstal OS-Uninstaller dengan mengetik perintah berikut di Terminal:
1. sudo add-apt-repository ppa:yannubuntu/os-uninstaller
2. sudo apt-get update
3. sudo apt-get install os-uninstaller
Ketika dijalankan, OS-Uninstaller akan menampilkan daftar sistem operasi yang dapat dihapus, namun tenang saja sistem operasi sedang kalian pakai untuk menjalankan aplikasiOS-Uninstaller tidak akan ditampilkan di daftar tersebut.

 

Catatan: Saya belum mencoba aplikasi ini karena memang di komputer saya cuma ada satu sistem operasi yaitu Ubuntu 11.04 Natty Narwhal, jadi gunakan dengan resiko ditanggung sendiri.

 

Semoga bermanfaat.
Terima kasih anda telah mengunjungi azizalfian.com

Komentar ditutup.