Solusi untuk GRUB yang Hilang

Bagi teman-teman yang mempunyai dua sistem operasi dalam satu komputer (misal Windows dan Linux) pasti sudah mengenal istilah dual boot. Untuk bisa menjalankan dual boot dengan lancar dibutuhkan bootloader agar bisa memilih sistem operasi mana yang akan dihidupkan ketika komputer menyala. Nah, bootloader yang paling populer saat ini adalah GRUB. Namun, GRUB ini bisa saja hilang dari MBR karena suatu sebab seperti menginstal ulang Windows, memodifikasi partisi, terkena virus dan lain-lain.
Jika GRUB tidak muncul, maka otomatis kita tidak dapat mengakses sistem operasi Linux yang sudah terinstal di komputer kita. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberi tutorial mengenai cara menginstal ulang GRUB agar muncul lagi ketika komputer menyala.

 

Peralatan yang harus disiapkan adalah sebuah live CD, dalam contoh ini saya menggunakanlive CD Ubuntu 10.04. Baiklah, langsung saja kita mulai tutorial ini.

 

Pertama, boot komputer melalui live CD Ubuntu, dan pilih “Try Ubuntu without Installing“.

 

 

Proses booting akan memakan waktu yang cukup lama, tunggu sampai muncul desktopUbuntu (lihat gambar di bawah).

 

Jika sudah muncul desktop Ubuntu, pada Menu pilih “Applications > Accessories > Terminal”. Jendela Gnome Terminal akan terbuka seperti gambar di bawah ini:

 

 

Pada Terminal ketik perintah di bawah ini:
sudo fdisk -l
Kemudian tekan “Enter”, maka akan muncul pesan seperti gambar di bawah ini:

 

 

Sekarang tugas kita adalah mencari tahu di mana partisi root berada. Pada gambar di atas, didapatkan partisi root berada pada “/dev/sda1” dengan melihat tanda “*” pada kolom “Boot” dan tulisan “Linux” pada kolom “System”. Hal ini bisa saja berbeda dengan punya kalian, jadi cermati baik-baik. Jika sudah menemukan di mana letak partisi root ketik perintah di bawah ini di Terminal:
sudo mount "letak partisi root" /mnt
Dalam contoh ini “letak partisi root” adalah “/dev/sda1” jadi perintah di atas menjadi:
sudo mount /dev/sda1 /mnt
Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

 

 

Kemudian jika tidak ada pesan error, ketik perintah di bawah ini:
sudo grub-install –root-directory=/mnt "harddisk dari partisi root"
Telah kita ketahui dalam contoh ini, partisi root berada di “/dev/sda1”. Penjelasan dari simbol sda1 adalah sebagai berikut:
  • sd: merupakan jenis hard-disk yang digunakan
  • a: adalah nomor hard-disk yang dimiliki (hard-disk terletak pada urutan ke berapa)
  • 1: adalah nomor partisi (partisi ke berapa)
Semoga kalian paham dengan penjelasan di atas (susah diungkapkan dengan kata-kata). Karena kita mendapatkan partisi root berada di “/dev/sda1” maka “harddisk dari partisi root” harus diganti dengan “/dev/sda” (cukup dengan menghilangkan angka 1).
sudo grub-install –root-directory=/mnt /dev/sda

 

 

Jika tidak ada pesan error berarti proses instalasi telah berhasil. Langkah selanjutnya adalah me-restart komputer dan berdoa semoga GRUB yang hilang dari peredaran sudah muncul kembali ketika komputer menyala.

 

Source : Tahutek Networks

Terima kasih anda telah mengunjungi azizalfian.com.

One response to “Solusi untuk GRUB yang Hilang

  1. Ping-balik: OS Uninstaler: Cara Mudah Menghapus Sistem Operasi Lain di Komputer | azizalfian.com