Seting Modem Axis Menggunakan PPP

Dari semua tutorial untuk koneksi modem GSM/CDMA biasanya disarankan dengan wvdial. Sebenarnya wvdial bukan satu-satunya cara untuk membuat anda terhubung ke internet. Anda bisa gunakan ppp untuk koneksi. Yang saya maksud bukan gnome-ppp atau kppp, tapi perintah ppp dari terminal. Perintah ppp bisa menghubungkan anda dengan modem GSM/CDMA ataupun dengan modem analog.

Jadi bila anda tidak bisa mengakses repository, dan anda butuh koneksi internet padahal tidak terinstall wvdial, tenang saja. Setelah membaca artikel ini anda akan semakin mantap dengan Linux. Bagaimana dengan Windows? Wah itu OS paling susah diapa-apain, misterius, dan tidak tahu bagaimana menggunakannya. Menggunakan Windows menurut saya seperti menggunakan handphone tanpa tahu kegunaan dari tiap aplikasi dan menu yang ada didalamnya.

Baik kembali lagi ke topik, buka terminal dan jalankan perintah:

sudo pppconfig

Di laptop saya, saya menggunakan koneksi AXIS dan modem Huawei E153 ada di/dev/ttyUSB0.Sesuaikan dengan tempat anda. Waktu saya menggunakan modem ZTE MF100, modem dikenali sebagai /dev/ttyACM0. Username dan password operator disesuaikan dengan kartu yang anda pakai. DNS gunakan dynamic karena tergantung operator.

Untuk lebih jelas ikuti saja screenshoot pppconfig dibawah ini:









Screenshoot diatas menunjukkan saya menggunakan nama koneksi axis, jadi untuk melakukan koneksi, gunakan perintah sudo pon axis , lalu cek apakah anda sudah terhubung:
1. Dari modem, lampu menyala terus (tidak berkedip-kedip)
2. Dari terminal, cek apakah sudah ada routing dari modem: sudo ip route
Bila muncul dari Default Route dri ppp0 berarti anda sudah terhubung.
Untuk mematikan koneksi gunakan perintah sudo poff axis 

 

Source info

Terima kasih anda telah mengunjungi azizalfian.com

Komentar ditutup.